Manfaat Belajar Perkembangan Peserta Didik Bagi Guru - Terbaru

Konten [Tutup]

    manfaat-belajar-perkembangan-peserta-didik


    Apa manfaat belajar perkembangan peserta didik ? Semoga pertanyaan ini menggugah rasa penasaranmu sobat.

    Dan jika anda adalah seorang pendidik atau orang tua, selamat kamu ada artikel yang tepat karena kami bukan hanya akan memberi jawaban atas pertanyaan diatas...

    Lebih dari itu kami juga akan mengulas secara singkat manfaat mempelajari psikologi pendidikan bagi mahasiswa

    7 Manfaat Belajar Perkembangan Peserta Didik Bagi Guru

    Perkembangan dalam ilmu psikologi mempunyai arti perubahan secara kualitatif pada wilayah jasmani dan rohani manusia

    Lebih lanjut menurut Hurlock (1980 ) perkembangan adalah sederetan perubahan kearah kemajuan dan terjadi karena adanya kematangan pengalaman.

    Sampai disini biar lebih sederhana dapat dijelaskan bahwa perkembangan adalah perubahan yang terjadi secara keseluruhan dan didalamnya 

    Termasuk mental ya coi dan ini berlangsung seumur hidup

    Eits..hampir lupa kawan! Jangan sampai menyamakan perkembangan dengan pertumbuhan. 

    Nanti diakhir tulisan ada refrensi untuk sahabat sekalian biar memahami perbedaanya.

    Sekarang kita masuk pada penjabaran 7 manfaat belajar perkembangan peserta didik bagi guru


    Dapat Menghargai Proses Yang Dilakukan Peserta Didik

    Setiap orang butuh dihargai, ini sesuai teori hierarki kebutuhan dari Maslow. Yoi coi kita tidak hanya butuh makan dan minum saja.

    Seorang pendidik yang mempelajari perkembangan peserta didik, akan menemukan gambaran tentang apa yang telah dan belum dicapai siswanya.

    Tepatnya dapat menilik sejauh mana mereka telah berkerja keras, apapun hasil akhirnya. Ya...lebih kepada proses gitu bro! 

    Ketika seorang guru atau pendidik menunjukan penghargaan, sekalipun yang dididik belum mencapai standar perkembangan, itu menjadi semacam "suplemen" untuk mereka.

    Siswa akan lebih antusias dan percaya diri melakoni proses belajarnya, dan tentu sebaliknya jika tidak ada penghargaan terhadap apa yang mereka lakukan....

    Wou..sia - sialah keberadaan atau usaha anda. Siswa kemungkinan merasa mereka bukan siapa - siapa dan bila demikian...tentu akan berimbas pada hasil akhir belajar yang kurang memuaskan

    Jadi sebagai penutup di bagian ini, jangan pernah ragu untuk meluncurkan kata - kata pujian ataupun seulas senyum tanda terima kasih kepada siswa anda

    Mampu Berikan Motivasi Sekaligus Arahan

    manfaat-belajar-perkembangan-peserta-didik

    Point ke dua dari manfaat belajar perkembangan peserta didik bagi guru adalah mampu mengetahui siswa mana saja kurang dalam belajar termasuk mana yang minim semangatnya.

    Tentu setelah itu harus mendorong mereka untuk lebih giat dan bersemangat dimana bentuknya dapat beragam dalam situasi pribadi atau ketika pembelajaran dalam kelas.

    Sebagai catatan...siswa jaman now lebih menyukai pendidik yang tampil sebagai guru, teman sekaligus motivator. 

    Cobalah menjadi demikian dan tetap menunjukan wibawamu sobat.

    Memilih Gaya Pembelajaran Yang Tepat

    Ini salah satu manfaat belajar perkembangan peserta didik yang kami masukan dalam artikel ini. 

    Alasannya dengan mengetahui alur perkembangan anak pertahapnya termasuk bagaimana cara menggapainya....

    Guru dapat menentukan metode pembelajaran yang tepat...ya tentu saja biar lebih bervariasi gitu bro!

    "Jangan dari tahun tidak enak, sampai jaman now itu -itu saja" walaupun sebenarnya tahu bahwa antara satu siswa dengan yang lainnya berbeda kemampuannya.

    Pendidik dapat merujuk pada teori - teori perkembangan dari berbagai ahli psikologi misalnya Bandura,Piaget dan koleganya.

    Sebagai contoh, Bandura menjelaskan bahwa perkembangan akan berhasil apabila seseorang diberi kesempatan untuk belajar dari observasi, peniruan dan pemodelan

    Nah oleh karena itu pendidik bisa beri kesempatan pada siswa untuk belajar dari model yang tepat dan mengamatinya. 

    Sampai disini pesan tersiratnya untuk para pendidik, perilaku kita berpeluang ditiru oleh siswa.


    Dapat Menentukan Tujuan Belajar Sesuai Kebutuhan Siswa

    Sebagai manusia kita memiliki kesamaan, sekaligus perbedaan dan keunikan sehingga dengan mempelajari perkembangan siswa pendidik memiliki target sesuai kemampuan mereka. 

    Ambil contoh seperti ini...antara usia PAUD atau sekolah dasar dan lanjutannya pasti mempunyai perkembangannya yang berbeda, misalnya secara kognitif. 

    Ketika pendidik menyadari dan memahami adanya perbedaan tersebut secara umum, maka dalam menentapkan tujuan belajar....

    Karakter dari masing -masing siswa jadi pertimbangan tersendiri. Apalah kata dunia kalau pukul rata dengan tujuan yang sama...ngeri - ngeri sedap!

    Menditeksi Kesulitan Belajar Siswa

    Sebagai pendidik kita berharap proses belajar mengajar berjalan mulus tanpa hambatan tetapi apa dikata, fakta dilapangan berkata lain

    Ada saja halangan yang datang dari dalam diri maupun luar peserta didik. Sebut saja masalah tentang pergaulan, disleksia, dispraksia, body awarness dan lain sebagainya.

    Manfaat belajar perkembangan peserta didik akan membuat guru menditeksi hal - hal yang akan menyebabkan mereka kesulitan dalam belajar.

    Misalnya penurunan prestasi belajar sampai pada titik terendah atau sebaliknya mengalami peningkatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan standar perkembangan yang seharusnya.

    Ada baiknya juga, sahabat menelusuri kembali tulisan kami tentang kesulitan belajar siswa dan solusinya dibahas lengkap disini. Didalamnya kami berikan informasi secara lengkap

    Mengenali Faktor Yang mempengaruhi Perkembangan Siswa

    Sahabat florasta sekalian, lingkungan memberikan kontribusi besar dalam perkembangan seorang individu. Jangan tutup mata untuk itu coy!

    Sebagian contoh ini ada didepan mata kita. Keluarga yang kurang harmonis, perkembangan teknologi yang kian hari makin maju...boom!

    Ini akan menghambat perkembangan seseorang dalam hal ini peserta didik.

    Manfaat belajar perkembangan peserta didik yaitu guru dapat memperoleh informasi seperti contoh diatas, dan tentu saja hal eksternal lainnya secara lengkap

    Sehingga pada akhirnya guru dapat menentukan langkah - langkah strategis guna memberikan penanganan..ya kalau bisa lebih cepat baik kan bray!

    Lagipula pendidik itu juga orang tua juga untuk siswanya, jadi ini semacam tanggung jawab. So..lakukan ini namamu akan dikenang selamanya

    Meningkatkan Hubungan Posisitif Dengan Siswa

    Ini merupakan manfaat belajar perkembangan peserta didik yang terakhir yang ada dalam artikel ini.

    Maksud dari point ini adalah membantu membangun komunikasi yang baik.

    Tentunya komunikasi dua arah sehingga interaksi atau hubungan diantara siswa dan pendidik atau sebaliknya berjalan sesuai dengan harapan.

    Jika sudah terjalin, secara tidak langsung membuat siswa semakin tertarik untuk menerima semua pembelajaran yang diberikan gurunya.

    Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Mahasiswa

    Tentang ini mahasiswa yang kami maksud adalah ketika mereka bertindak sebagai pendidik maupun peserta didik. Adapun manfaatnya seperti berikut iini :

    Meningkatkan keterampilan diri untuk berbagi ilmunya secara lebih teratur dan efektif, mengetahui cara mendidik anak berkebutuhan khusus dan dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif

    Selain itu mahasiswa juga dapat memiliki knowledge serta strategi sebagai upaya mengembangkan kemampuan Siswa

    Termasuk mampu mendalami kurang dan lebihnya suatu teknik pembelajaran dan terakhir mampu memahami cara untuk evaluasi hasil belajar.



    Penutup

    Sampai disini semoga penjelasan tentang manfaat belajar perkembangan peserta didik bagi guru - terbaru mampu memberikan wawasan bagi semua sahabat florasta.

    Terima kasih telah meluangkan waktu untuk menyelesaikan bacaan ini.

    Sumber :

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel